Ma`had al-Jami`ah Rayakan Haflah Akhir al-Sanah

Kegiatan perayaan wisuda untuk mahasantri Ma`had al-Jami`ah ini sudah berlangsung di tahun-tahun sebelumnya. Namun, ada keistimewaan tersendiri di kegiatan wisuda kali ini Ma`had al-Jami`ah mengemas sesi acara dengan menambahkan pengujian bacaan dan hafalan juz 30 para mahasantriwan dan mahasatriwati. Acara Haflah yang diadakan di Aula Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan ini turut dihadiri oleh segenap pejabat IAIN Sultan Amai Gorontalo. Mahasantri ini ditempa untuk menguasai ilmu agama, bahasa asing (Arab dan Inggris), dan keterampilan lainnya seperti kaligrafi dan ilmu beladiri selama setahun penuh. Namun, program unggulan Ma`had al-Jami`ah adalah penguasaan BTHQ atau Baca Tulis Hafal al-Qur`an. Terlihat dari progres yang signifikan dari kemampuan bacaan mereka yang meningkat dan hafalan juz 30. Para civitas akademik IAIN Sultan Amai sangat mengapresiasi kegiatan perdana haflah yang diadakan oleh Ma`had al-Jami`ah.

Mudir Ma`had al-Jami`ah, Dr. Dulsukmi Kasim, Lc., M.H.I, dalam sambutannya mengatakan, “Ma`had al-Jami`ah di PTKIN merupakan amanah kelembagaan, kebangsaan, dan keummatan yg harus dijalankan  oleh IAIN Sultan Amai Gorontalo dalam rangka turut andil mencerdaskan kehidupan bangsa melalui upaya pembinaan akhlakul karimah para mahasiswa bercirikan pendidikan pesantren dengan menanamkan pengetahuan serta wawasan  keislaman guna mencetak calon intelektual berkarakter ulama yang berfikiran wasathiyyah dalam memahami agama serta berhiaskan keluhuran budi dan cinta al-Qur`an. Pembentukan pribadi luhur dan berkarakter serta pembekalan wawasan dan pengetahuan keislaman merupakan dua mutiara yg harus berpadu pada diri seorang sarjana muslim. sebab bila salah satu atau keduanya hilang maka itu alamat kematian seseorang sebagaimana pesan Imam al-Syafi`i:

ليس اليتيم من لا والد له ولا ام ولكن اليتيم يتيم العلم والأدب

“Bukanlah yatim piatu itu tidak berayah dan beribu, akan tetapi yatim piatu itu tidak berilmu dan berada”. Di akhir sambutannya, Mudir Ma’hadmemberikan ucapan, “Selamat kepada para alumni dan mendoakan agar ilmu yg didapatkan  berberkah bagi diri, keluarga, dan umat secara umum. Kalianpun telah menjadi keluarga besar alumni Ma`had al-Jami`ah IAIN Sultan Amai Gorontalo. Terima kasih kepada Bapak Rektor Dr. Lahaji, M.Ag dan segenap akademika atas segala dukungan dan kerjasamanya. Semoga kiprah Ma`had ke depan semakin maju dan berkembang.”

Haflah semakin semarak dengan adanya suguhan penampilan bakat dari para mahasantri, di antaranya nasyid, puisi berantai, dan drama. Salah satu tradisi ma’had adalah tukar kado antar mahasantri. Mereka sangat antusias di sesi terakhir pada haflah ini.