“Ma’had Al-Jamiah IAIN Sultan Amai Gorontalo Dalam Merayakan Hari Santri Nasional dan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW”

Sambutan Mudir Ma’had Al-Jami’ah IAIN Sultan Amai Gorontalo

22 Oktober selalu diperingatinya dengan Hari Santri Nasional. Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, Hari Santri yang diperingati pada 22 Oktober merupakan penghargaan pada kaum santri. Sebab, selama ini santri selalu ikut membangun Indonesia. Kita melihat bahwa tahun ini merupakan momentum kebangkitan baik bagi pesantren maupun ekonomi dan keuangan syariah Indonesia, serta merupakan penghargaan pada kaum santri atas peran dan pengabdiannya.

Berbeda lagi dengan perayaan hari santri yang dilaksanakan oleh Ma’had Al-Jami’ah IAIN Sultan Amai Gorontalo. Bertepatan dengan hari santri, Ma’had Al-Jami’ah melaksanakan perayaan Hari Santri di Rusunawa Kampus 1 IAIN Sultan Amai Gorontalo yang di rangkaikan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW. dengan tema: “Santri Siaga, Jiwa Raga”. Dan perayaan kali ini, ada beberapa persembahan dari mahasantri/mahasantri seperti Saman dance dan Puisi Berantai.

Saman Dance

“Perayaan momen hari santri ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan untuk mempererat tali perasaudaraan antar sesama mahasantri. Tak lupa pula, adanya hari santri ini untuk mengasah kemampuan mahasantri/wati untuk mengikuti lomba ala santri yang telah dirancang”. Jelas  Mudir Ma’had Al-Jami’ah Dr. H. Dulsukmi Kasim, Lc. M.HI dalam sambutannya.

Pembukaan kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 19 Oktober 2021 bertempat di Rusunawa Kampus 1, yang dihadiri oleh Rektor Baru IAIN Sultan Amai Gorontalo Bapak Dr. H. Zulkarnain Suleman, M.HI yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Bapak Dr. Muhammad Gazali Rahman M.HI, dihadiri oleh Mudir Ma’had Al-Jami’ah IAIN Sultan Amai Gorontalo dan para muwajjih serta seluruh pengelola Ma’had baik kampus 1 maupun kampus 2, dan tak lupa seluruh mahasantri/mahasantriwati turut serta dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

Sambutan Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo

“Hari santri diperingati sejak tahun 2015 oleh Presiden Joko Widodo. Hal ini membuktikan bahwa Santri selalu terlibat dalam perjuangan dan perkembangan Negara Indonesia. Hanya santrilah yang bisa mengandeng tiga kecerdasan sekaligus, yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan membingkainya dengan kecerdasan spiritual. Sehingganya, hanya santri yang mampu berpikir sebagaimana cara berpikirnya Nabi Muhammad saw”. Ujar Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo dalam sambutannya serta membuka secara resmi kegiatan perayaan Hari Santri Nasional yang digelar oleh UPT Pusat Ma’had Al-Jami’ah. Kegiatan pembukaan ditutup dengan penyerahan Toyopo kepada Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, kepada Mudir Ma’had, dan seluruh pengelola UPT Pusat Ma’had Al-Jami’ah, serta penyerahan Tolangga ke seluruh mahasantri/mahasantriwati dan undangan yang hadir saat itu.

Penyerahan Toyopo Kepada Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo

Perayaan Hari Santri kali ini, beda dengan tahun-tahun sebelumnya karena ada beberapa cabang lomba yang akan diikuti oleh seluruh mahasantri/mahasantriwati yakni Futsal Sarung, Badminton, Tenis Meja, Bola Kosakata, Puzzle Ayat, Menulis ayat, Mencari ayat, Cipta puisi, lomba poster, Rangking 1, dan terakhir adalah lomba kebersihan kamar dan kebersihan Asrama. Sebelum mulai cabang lomba, dilangsungkan jalan sehat dan senam bersama sekaligus lauching senam santri yang dibuka secara resmi oleh Mudir Ma’had Al-Jami’ah IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Lauching Senam Santri Oleh Mudir Ma’had Al-Jami’ah IAIN Sultan Amai Gorontalo

Perayaan Hari Santri ini ditutup dengan pelaksanaan Upacara Hari Santri dilingkungan kampus 2 IAIN Sultan Amai Gorontalo yang dihadiri langsung oleh Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo yang diwakili oleh Ibu Kusmawaty Matara, M.A. selaku Wakil Rektor 3 yang menjadi Inspektur dalam Upacara Perayaan Hari Santri, serta ditutup dengan penyerahan hadiah bagi mahasantri/mahasantriwati yang menang dalam cabang lomba yang telah diikuti.

Upacara Memperingati Hari Santri Nasional UPT Pusat Ma’had Al-Jami’ah di lingkungan IAIN Sultan Amai Gorontalo

Penyerahan Hadiah kepada Mahasantri/Mahasantriwati